MENU Kamis, 19 Sep 2024

Gimmick Marketing: Seni Mengubah Trik Cerdik Menjadi Cuan

waktu baca 6 menit
Sabtu, 17 Agu 2024 15:12 0 24 daza08313@gmail.com

Ketika Anda menonton televisi, Anda mungkin pernah mendengar istilah gimmickGimmick biasanya digunakan untuk merujuk pada seseorang yang melakukan intrik tertentu untuk meraih perhatian publik atau mendapatkan keuntungan. Bukan cuma ada di dunia entertainment, gimmick juga bisa digunakan dalam dunia marketing, loh!

Dilansir dari MyRobins.id, gimmick marketing adalah strategi pemasaran yang sengaja dirancang untuk menarik perhatian audiens terhadap suatu produk atau layanan. Pendekatan ini bertujuan untuk memperkenalkan merek secara cepat dan efisien, seringkali dengan biaya yang relatif rendah.

Menurut Indeed, konsumen cenderung lebih tertarik pada keunikan suatu merek daripada manfaat yang ditawarkan. Oleh karena itu, memiliki merek yang dikenal luas dapat mengurangi biaya pemasaran yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Itulah sebabnya banyak perusahaan tertarik menggunakan gimmick marketing sebagai cara untuk mempromosikan merek mereka.

Manfaat Menerapkan Gimmick Marketing

Selain menjadi alat pemasaran dengan biaya yang cenderung rendah, gimmick marketing bisa memberikan sejumlah manfaat untuk brand Anda antara lain:

Menarik Perhatian Konsumen

Gimmick marketing dapat menarik perhatian konsumen karena keunikan dan kreativitasnya. Melalui pendekatan yang tidak biasa atau lucu, mereka menciptakan kesan yang kuat dan berkesan, memicu minat dan pembicaraan di antara audiens. Hal ini membuat merek menjadi lebih mudah dikenali dan diingat oleh konsumen.

Dapat Meningkatkan Brand Awareness 

Gimmick marketing mampu membantu meningkatkan brand awareness karena kesan unik dan menarik yang dirasakan oleh audiens. Ketika audiens merasa tertarik, muncul rasa ingin tahu dan ini bisa memicu pembicaraan di tengah-tengah banyak orang. Dengan menggunakan strategi kreatif dan tidak konvensional, perusahaan dapat menarik perhatian target pasar secara efektif, membuat merek mereka menjadi topik pembicaraan, dan meningkatkan kesadaran akan merek di kalangan konsumen potensial.

Meningkatkan Engagement di Sosial Media

Konten-konten marketing yang berbau gimmick biasanya mulai tersebar dari media sosial. Keberadaan konten gimmick marketing yang berhasil bisa meningkatkan engagement di media sosial karena berbagai cara seperti:

  • Gimmick yang unik dan kreatif dapat menarik perhatian pengguna media sosial dan membuat mereka berhenti untuk melihat konten gimmick yang Anda buat
  • Gimmick yang interaktif, seperti kuis, giveaway, atau polling, dapat mendorong pengguna untuk berinteraksi dengan konten brand
  • Gimmick yang misterius atau membingungkan dapat memicu rasa ingin tahu pengguna dan mendorong mereka untuk mencari tahu lebih banyak tentang brand
  • Gimmick yang menarik dan unik dapat dengan mudah dibagikan dan disebarkan oleh pengguna media sosial, sehingga meningkatkan viralitas konten brand.

Membangun Loyalitas Konsumen

Gimmick marketing dapat membangun loyalitas konsumen dengan menciptakan pengalaman yang unik dan berkesan. Dengan menawarkan sesuatu yang menarik dan berbeda, perusahaan dapat membuat pelanggan merasa dihargai dan terhubung secara emosional dengan merek mereka. 

Ini menciptakan hubungan yang kuat antara merek dan konsumen, memperkuat loyalitas dan meningkatkan kemungkinan pelanggan untuk kembali dan membeli produk atau layanan Anda lagi.

Meningkatkan Kredibilitas Brand

Saat konsumen melihat suatu merek menggunakan strategi pemasaran yang unik dan menarik, mereka cenderung menganggap merek tersebut sebagai inovatif dan berani berbeda. Ini menciptakan kepercayaan bahwa merek tersebut memiliki nilai dan keunggulan yang membedakannya dari pesaing, yang pada gilirannya meningkatkan kredibilitas merek Anda.

Jenis-Jenis Gimmick Marketing di Media Sosial

Gimmick marketing bisa muncul dengan berbagai format. Kadang, kontennya sama sekali tidak berkaitan dengan layanan atau produk yang akan dipromosikan. Beberapa jenis gimmick marketing antara lain adalah:

Konten Viral 

Konten viral dapat dijadikan media gimmick marketing yang ampuh. Caranya adalah dengan menggunakan tren dan tantangan yang sedang populer di media sosial untuk membangun kesadaran merek. Dengan berpartisipasi dalam tren tersebut, merek dapat menarik perhatian konsumen secara massal dan membangun keterlibatan yang kuat. 

Konten viral ini bisa membantu menciptakan buzz pada brand Anda dan meningkatkan visibilitasnya secara signifikan dalam waktu singkat, membantu memperluas jangkauan dan pengaruh merek.

Mengadakan Promo dan Giveaway 

Mengadakan promosi menarik dengan menawarkan hadiah gratis kepada audiens bisa menjadi media gimmick marketing yang menarik. Lewat penawaran ini, bisnis Anda bisa meningkatkan engagement dengan konsumen, memperluas jangkauan brand sekaligus membangun loyalitas pelanggan.

Hadiah-hadiah tersebut memotivasi partisipasi, sementara promosi menarik perhatian konsumen, menciptakan buzz positif untuk brand Anda.

Membuat Video BTS 

Video BTS (Behind the Scene) dapat menjadi gimmick marketing yang menarik dengan memberikan akses eksklusif kepada konsumen untuk melihat proses kreatif di balik produk atau layanan brand. Hal ini dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan membangun kepercayaan konsumen terhadap brand.

Storytelling yang Menarik 

Storytelling yang menarik dapat menjadi bagian dari gimmick marketing yang efektif. Cerita yang menyentuh hati, lucu, atau inspiratif dapat menarik perhatian konsumen dan membuat mereka terhubung dengan brand. Cerita dapat disampaikan melalui berbagai format, seperti video, gambar, atau teks. Pastikan cerita yang Anda buat relevan dengan target audiens Anda, ya!

Membuat Video Tutorial

Contoh lain dari gimmick marketing yang tidak kalah menarik adalah dengan membuat video tutorial. Video ini bisa informasi atau keterampilan yang berguna kepada konsumen melalui video yang edukatif dan menarik. 

Contoh Gimmick Marketing yang Berhasil

Gimmick marketing dilakukan oleh banyak brand di berbagai belahan dunia. Baik itu brand besar hingga brand baru. Beberapa contoh gimmick marketing yang sukses antara lain adalah: 

Promo McD BTS Meal

Kolaborasi McDonald’s dengan boyband asal Korea Selatan, BTS menghasilkan fenomena global. Antusiasme para penggemar BTS membuat promo ini viral dan meningkatkan penjualan McDonald’s secara signifikan.

Giveaway iPhone di Instagram

Banyak influencer mengadakan giveaway iPhone untuk menarik followers baru dan meningkatkan engagement. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan popularitas akun dan membangun komunitas online.

Konten TikTok yang Lucu

Platform TikTok menjadi wadah kreatif bagi brand untuk menarik perhatian konsumen. Konten TikTok yang lucu dan relatable terbukti efektif dalam meningkatkan brand awareness dan engagement (meskipun kadang konten-konten tersebut tidak berkaitan secara langsung dengan produk atau layanan yang ditawarkan).

Gimmick marketing menawarkan cara kreatif untuk memperkenalkan merek Anda kepada khalayak dengan biaya yang relatif rendah. Untuk sukses, pastikan gimmick Anda relevan dengan audiens target dan menarik perhatian mereka dengan keunikan dan kreativitas. 

Manfaatkan platform media sosial untuk meningkatkan jangkauan dan keterlibatan, dan ingatlah bahwa pengalaman yang unik dan berkesan dapat membangun loyalitas konsumen jangka panjang. Dengan memahami audiens Anda dan berani berinovasi, Anda dapat menciptakan gimmick marketing yang efektif dan menguntungkan bagi merek Anda.

Meskipun gimmick marketing merupakan strategi pemasaran yang ampuh dan berbiaya rendah, namun jangan lupa untuk tetap menggabungkannya dengan strategi lain. Salah satunya lewat optimasi SEO untuk situs Anda. Bingung mau memulai optimasi SEO dari mana? Hubungi mediabacklink.net sekarang juga untuk informasi selengkapnya!

daza08313@gmail.com

Mediabacklink.net adalah perusahaan digital marketing yang telah berpengalaman sejak 2014, menawarkan layanan Web Design, Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Management, Social Media Marketing, dan TikTok Video Production. Kami berkomitmen untuk memberikan hasil nyata dengan meningkatkan efektivitas pemasaran bisnis online brand Anda, sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA