MENU Kamis, 19 Sep 2024

Mau Tau Banyak Soal Google? Yuk Kenali Profesi SEO Specialist!

waktu baca 6 menit
Minggu, 18 Agu 2024 09:27 0 21 daza08313@gmail.com

Berkembangnya teknologi termasuk pemasaran digital membuat berbagai profesi baru bermunculan. Salah satunya adalah SEO specialist atau pakar Search Engine Optimization. SEO specialist adalah posisi yang berhubungan dengan optimasi mesin pencari agar sebuah situs berada di peringkat atas hasil pencarian.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan digital marketing sebagai cara untuk meningkatkan penjualan, SEO specialist adalah pakar yang Anda butuhkan. Simak lebih jauh tentang SEO specialist, tugas, gaji dan cara menjadi SEO specialist dalam artikel ini.

Apa itu SEO Specialist?

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, SEO specialist adalah seorang pakar yang bertugas untuk menguji, menganalisis dan mengubah sebuah situs sehingga bisa optimal bagi mesin pencari. Selanjutnya lewat proses optimasi tersebut, situs bisa berada di peringkat atau halaman atas pencarian di search engine seperti Google dan Bing.

Seorang pakar SEO melakukan optimasi halaman di seluruh situs web untuk memastikan hasil pencarian yang relevan dan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih positif. Selain itu, optimasi juga bertujuan untuk meningkatkan traffic organik situs, volume prospek dan brand awareness.

Pada dasarnya, pakar SEO tidak berbeda dengan tenaga profesional digital marketing atau traditional marketing lainnya. Mereka pada akhirnya berusaha untuk mendatangkan lebih banyak konversi bagi klien atau perusahaan tempat mereka bekerja.

Skill dan Tugas Seorang SEO Specialist

Seorang SEO specialist dituntut untuk memiliki kualifikasi atau skill tertentu untuk bisa menjalankan tugas mereka. Tugas SEO specialist dan skill yang dibutuhkan antara lain adalah sebagai berikut:

Analisis dan Riset Kata Kunci

Seorang pakar SEO harus mampu melakukan riset kata kunci, memahami tren pencarian serta menentukan kata kunci yang paling relevan dengan situs yang ditanganinya. Tujuannya agar situs tersebut meningkat visibilitasnya dan mudah ditemukan oleh audiens.

Optimasi On-Page

Pakar SEO perlu melakukan optimasi on-page yakni mengoptimalkan semua elemen yang ada di halaman web agar sesuai dengan teknik SEO yang benar. Ini termasuk judul, meta deskripsi dan struktur konten. Tujuannya adalah agar peringkat SEO, membuat halaman lebih mudah dipahami oleh mesin pencari dan meningkatkan kualitas pengalaman pengguna.

Optimasi Off-Page

Selain optimasi SEO on-page, optimasi off-page juga menjadi tanggung jawab SEO specialist. SEO off-page mencakup strategi yang ada di luar situs seperti pengelolaan backlink dan membangun otoritas domain. Fokusnya adalah untuk meningkatkan reputasi web di mata mesin pencari dan menciptakan jejak online yang positif.

Melakukan Analisis Kinerja

Setelah mengimplementasikan sejumlah strategi SEO, SEO specialist juga perlu melakukan analisis data kinerja SEO, termasuk pemantauan peringkat kata kunci, traffic organik dan perilaku pengguna. Hasil evaluasi nantinya digunakan untuk merumuskan perbaikan dan strategi baru yang lebih efektif.

Memahami Algoritma Dasar Mesin Pencari

Algoritma mesin pencari seperti Google selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Agar mampu mengembangkan strategi yang sesuai dengan aturan dan preferensi terkini dari mesin pencari, SEO specialist perlu memiliki pemahaman mendalam tentang algoritma mesin pencari.

Memiliki Keterampilan Komunikasi yang Baik

Kemampuan komunikasi yang baik juga dibutuhkan oleh seorang pakar SEO. Ini berguna untuk mengkomunikasikan berbagai hal terkait strategi SEO, hasil analisis hingga memberikan rekomendasi yang bisa diimplementasikan. Komunikasi ini perlu dilakukan secara efektif dengan anggota tim, klien dan pihak terkait lainnya.

Paham UI dan UX

UI (User Interface) dan UX (User Experience) yang baik sangat dibutuhkan untuk memberikan pengalaman yang memuaskan bagi pengguna. Pakar SEO harus memiliki pemahaman mengenai hal tersebut agar kinerja SEO situs bisa semakin optimal.

Cara Menjadi SEO Specialist

Dengan berbagai skill yang dibutuhkan, menjadi pakar SEO memang tidak bisa dilakukan dalam satu atau dua hari. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mulai membangun karier sebagai SEO specialist:

Peroleh Pengetahuan Dasar SEO

Pengetahuan dasar SEO antara lain berkaitan dengan analisis kata kunci, optimasi on-page, off-page dan faktor-faktor ranking mesin pencari. Anda bisa mempelajarinya secara otodidak dengan materi dari internet, atau dengan ikut kelas online.

Praktik dan Eksperimen Langsung dengan Buat Website

Untuk menguji kemampuan dan pemahaman, cobalah untuk terjun langsung melakukan optimasi situs dengan strategi SEO. Lihat bagaimana hasilnya dan lakukan evaluasi untuk perbaikan di masa depan.

Ikuti Perkembangan Industri SEO

Pastikan Anda tetap update dengan perkembangan dan tren terkini perubahan algoritma mesin pencari. Baca blog-blog tepercaya, ikuti pakar SEO yang tepercaya dan libatkan diri dengan komunitas dalam industri. Bergabung dengan komunitas tidak hanya akan membangun jaringan di kalangan profesional di industri tersebut, tapi juga memberi kesempatan bagi Anda untuk berbagi pengetahuan.

Membangun Portfolio SEO

Dokumentasikan proyek-proyek optimasi yang sudah Anda kerjakan. Susun dalam satu file sebagai bahan portfolio yang bisa menarik perusahaan atau klien untuk mempekerjakan Anda.

Ambil Sertifikasi dan Kelas Pelatihan

Agar kemampuan dan kredibilitas Anda semakin meningkat, ikuti kelas pelatihan SEO dan ambil sertifikasi yang disediakan oleh lembaga terkemuka. Saat ini sudah banyak kelas pelatihan online yang bisa Anda temukan di internet.

Memperluas Keahlian Pendukung SEO

Untuk memaksimalkan kinerja Anda, perluas pengetahuan dan skill dengan mempelajari hal-hal lain yang terkait erat dengan SEO seperti UX, UI, pemasaran konten hingga analisis web. Ini akan membuat Anda memiliki kemampuan spesialisasi yang holistik.

Jenjang Karier dan Gaji SEO Specialist

Jenjang karier untuk seorang SEO specialist sebenarnya tergantung pada struktur perusahaan dan kebijakan masing-masing industri. Gaji SEO specialist berdasarkan salary survei yang dilakukan tahun 2021-2022 berkisar antara Rp 4.950.000 – Rp 8.000.000. Angka ini tentu hanya gambaran. Nilainya di lapangan mungkin bisa lebih tinggi dari itu mengingat posisi SEO specialist semakin banyak dicari.

Lalu, bagaimana dengan jenjang kariernya? Secara umum, jenjang karier SEO specialist adalah sebagai berikut:

SEO Specialist

Ini merupakan jenjang awal dalam karier sebagai SEO specialist. Di posisi ini Anda akan fokus pada tugas dasar seperti riset kata kunci, optimasi on-pageoff-page dan analisis kinerja situs web. Semuanya dilakukan di bawah supervisi atau tim yang berpengalaman.

SEO Analyst

Tanggung jawab seorang SEO analyst lebih besar karena mencakup analisis data SEO, melacak kinerja situs dan memberikan rekomendasi strategi baru. SEO analyst juga terlibat dalam strategi konten dan kampanye SEO yang lebih kompleks.

SEO Strategist

SEO strategist adalah ahli dalam merancang dan mengimplementasikan strategi SEO yang lebih komprehensif. SEO strategist juga bertugas memimpin tim, berinteraksi dengan klien dan mengembangkan strategi jangka panjang. Selain itu, mereka juga terlibat dalam pemantauan tren industri dan pembaruan algoritma mesin pencari.

SEO Manager

SEO manager bertanggung jawab atas pengelolaan tim SEO, mengawasi proyek, koordinasi strategi, dan berkolaborasi dengan departemen lain. Terlibat dalam pengambilan keputusan tingkat tinggi dalam hal strategi SEO.

SEO Director atau Head of SEO 

Posisi ini adalah pemimpin inisiatif SEO perusahaan secara keseluruhan. Mengatur kebijakan SEO, mengawasi tim, mengembangkan kemitraan strategis, dan memberikan kontribusi pada rencana pemasaran dan pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan.

Untuk bisa mengimplementasikan strategi SEO yang baik bagi bisnis Anda, Anda sebenarnya tidak perlu turun langsung menjadi seorang SEO specialist. Anda bisa mempercayakan tugas ini kepada perusahaan pihak ketiga yang tepercaya. Coriate dengan jasa seo dan tenaga berpengalaman siap membantu mengimplementasikan strategi SEO terbaik yang menguntungkan bisnis Anda.

daza08313@gmail.com

Mediabacklink.net adalah perusahaan digital marketing yang telah berpengalaman sejak 2014, menawarkan layanan Web Design, Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Management, Social Media Marketing, dan TikTok Video Production. Kami berkomitmen untuk memberikan hasil nyata dengan meningkatkan efektivitas pemasaran bisnis online brand Anda, sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA