MENU Kamis, 19 Sep 2024

Kuasai Prompt AI: Cara Membuat Prompt yang Benar untuk Unlock Potensi AI

waktu baca 6 menit
Kamis, 15 Agu 2024 15:57 0 42 daza08313@gmail.com

Tools berbasis AI sekarang menjadi salah satu alat bagi kita untuk memudahkan berbagai proses kerja. Baik yang berkaitan dengan aktivitas pribadi maupun bisnis. Agar potensi tools bertenaga AI ini semakin optimal, penting untuk mengetahui bagaimana cara membuat prompt yang tepat.

Dilansir dari CoSchedule.com, prompt AI adalah semua jenis teks, pertanyaan, informasi atau kode yang digunakan oleh user manusia untuk berkomunikasi dengan tools AI dan memperoleh respons yang diinginkan. Membuat prompt yang berbeda, bisa menghasilkan respons dan output yang berbeda pula. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas pentingnya membuat prompt AI yang tepat dan bagaimana cara membuat prompt AI yang benar. Simak selengkapnya sampai tuntas, ya!

Ada beberapa platform berbasis AI yang tersedia saat ini. Masing-masing memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya adalah:

Contoh Platform AI

Gemini (Google AI)

Model bahasa besar yang mampu menghasilkan teks, menerjemahkan bahasa, menulis berbagai jenis konten kreatif, dan menjawab pertanyaan Anda dengan informatif. Per bulan Februari 2024 ini, Bard telah berganti nama menjadi Google Gemini dengan fungsionalitas dan kapabilitas yang sama dengan Bard yang pernah dirilis sebelumnya.

ChatGPT (OpenAI)

Model bahasa besar yang dapat melakukan percakapan, menghasilkan teks kreatif, dan menjawab pertanyaan Anda dengan informatif.

LaMDA (Google AI)

Model bahasa faktual yang dilatih pada dataset besar teks dan kode. LaMDA dapat menghasilkan teks, menerjemahkan bahasa, menulis berbagai jenis konten kreatif, dan menjawab pertanyaan Anda dengan informatif. Sama seperti Gemini (sebelumnya Bard), LaMDA juga merupakan LLM yang dibuat oleh Google AI.

Dall-E 2 (OpenAI)

Dall-E 2 adalah model AI revolusioner yang memungkinkan Anda menghasilkan gambar realistis dari teks deskripsi. Anda dapat membayangkan apa pun yang Anda inginkan, dan Dall-E 2 akan berusaha mewujudkannya dalam bentuk gambar.

Dall-E 2 dilatih pada dataset gambar dan teks yang sangat besar, memungkinkannya memahami nuansa bahasa dan menghasilkan gambar yang sesuai dengan deskripsi Anda. Sama seperti ChatGPT, Dall-E 2 juga dibesut oleh OpenAI.

Jasper AI (Jasper.ai)

Jasper (Jasper.ai) adalah platform kecerdasan buatan yang dirancang untuk membantu Anda menaklukkan writer’s block dan meningkatkan produktivitas konten kreatif. Jasper dapat menghasilkan berbagai macam konten mulai dari artikel blog, copywriting untuk marketing (seperti iklan media sosial, email marketing yang efektif dan lain sebagainya).

Manfaat Prompt yang Benar 

Prompt AI bukan hanya menjadi cara bagi user untuk mendapatkan respons atau jawaban. Menulis prompt AI yang benar bisa memberikan berbagai keuntungan antara lain:

Hasil Respon AI yang Lebih Relevan dan Akurat

Prompt yang tepat membantu AI memahami apa yang Anda inginkan dengan jelas. Ini menghasilkan respon yang lebih relevan dan akurat, sesuai dengan kebutuhan Anda. Semakin jelas dan terperinci promptnya, semakin baik respons AI yang dihasilkan. 

Informasi tambahan seperti konteks, batasan, atau preferensi membantu AI memahami dengan lebih baik dan menghasilkan respons yang lebih relevan dan akurat sesuai kebutuhan pengguna.

Lebih Hemat Waktu dan Upaya 

Prompt AI yang efektif mempercepat proses komunikasi dan pencarian informasi dengan memberikan jawaban yang relevan dan tepat waktu. Dengan memahami pertanyaan pengguna dan memberikan respons yang langsung menjawab kebutuhan mereka, prompt AI dapat mengurangi waktu dan upaya yang diperlukan untuk mencari informasi atau memecahkan masalah, meningkatkan produktivitas dan efisiensi pengguna sekaligus meminimalisasi revisi.

Peningkatan Produktivitas Kerja

Dengan menggunakan prompt yang tepat, Anda dapat meningkatkan produktivitas kerja Anda. AI dapat membantu Anda menyelesaikan lebih banyak tugas dalam waktu yang lebih singkat, sehingga Anda dapat fokus pada hal lain yang lebih penting.

Tips Membuat Prompt

Dengan berbagai manfaat membuat prompt AI yang tepat, Anda pasti tertarik untuk mengoptimalkan tools AI ini, bukan? Simak beberapa tips cara membuat prompt yang efektif dan tepat berikut ini!

Jelas & Spesifik

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika membuat prompt AI adalah menuliskannya dengan jelas dan spesifik. Hindari kompleksitas dan ambiguitas yang tidak perlu. Dilansir dari TextCortex, prompt AI yang baik harus cukup memberikan arahan namun di sisi lain menyediakan ruang bagi AI untuk berkreasi sendiri.

Singkat & Padat

Sederhanakan prompt Anda dengan menggunakan bahasa sehari-hari dan menghindari istilah teknis yang rumit. Memiliki prompt yang singkat dan padat membantu AI untuk lebih cepat memahami instruksi atau pertanyaan yang diajukan, meningkatkan efisiensi dalam penggunaannya. 

Berikan Konteks yang Cukup

Berikan informasi latar belakang yang relevan dalam prompt Anda. Hal ini akan membantu AI memahami maksud Anda dengan lebih baik dan menghasilkan respon yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk lebih memahaminya, mari kita simak contoh berikut ini:

  • Prompt yang tanpa konteks: “Buat cerita tentang seekor anjing”
  • Prompt dengan konteks: “Buat cerita tentang seekor anjing yang tersesat di hutan. Anjing ini harus menemukan jalan pulang ke rumah dengan bantuan hewan-hewan lain di hutan.”

Dari dua contoh prompt di atas, Anda tentu akan memperoleh hasil yang lebih memuaskan jika menggunakan prompt kedua. Ini karena prompt kedua memiliki konteks yang cukup bagi AI untuk menghasilkan output yang lebih baik.

Tambahkan Contoh atau Ilustrasi

Sertakan contoh atau ilustrasi dalam prompt Anda untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang apa yang Anda minta. Hal ini dapat membantu AI memahami konteks dengan lebih baik. Misalnya saja, Anda meminta AI untuk menuliskan puisi mengenai keindahan alam. 

Alih-alih membuat prompt “Tulis puisi tentang keindahan alam” saja, Anda bisa menambahkan contoh seperti “Tulis puisi tentang keindahan alam, seperti pemandangan matahari terbit di pantai atau pegunungan yang diselimuti salju”. Anda juga bisa menambahkan foto ilustrasi (jika AI yang Anda gunakan mendukung).

Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Penting untuk menggunakan kata kunci yang tepat dalam prompt Anda agar AI dapat menemukan informasi yang relevan dengan lebih baik. Sebagai contoh, daripada menggunakan prompt umum seperti “Tulis artikel tentang sejarah Indonesia” lebih baik jika Anda menyertakan kata kunci spesifik seperti “Tulis artikel tentang sejarah Indonesia, dengan fokus pada periode kemerdekaan”. Dengan kata kunci yang tepat, AI dapat memberikan respons yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Gunakan Tata Bahasa yang Benar

Pastikan menggunakan tata bahasa yang benar dan baku dalam prompt Anda. Tata bahasa yang tepat membantu dalam memastikan pemahaman yang akurat oleh AI, serta mencegah terjadinya kebingungan atau kesalahan dalam respons yang diberikan.

Itu dia berbagai informasi terkait cara membuat prompt AI yang tepat. Manfaatkan tips di atas untuk membuat konten berkualitas, termasuk untuk kebutuhan digital marketing Anda. Untuk hasil yang lebih maksimal, pastikan menggunakan jasa optimasi SEO berpengalaman dari mediabacklink.net. Cek layanan kami selengkapnya di sini.

daza08313@gmail.com

Mediabacklink.net adalah perusahaan digital marketing yang telah berpengalaman sejak 2014, menawarkan layanan Web Design, Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Management, Social Media Marketing, dan TikTok Video Production. Kami berkomitmen untuk memberikan hasil nyata dengan meningkatkan efektivitas pemasaran bisnis online brand Anda, sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA